No image available for this title

Text

Perancangan dan Pembuatan Kendali Sistem Parkir Kendaraan Menggunakan Sensor Ultrasonik



06120013 - Robotika merupakan ilmu yang sedang digemari pada saat ini. Tidak hanya mahasiswa dan hobis, tetapi robotika juga digemari oleh kalangan anak-anak. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah merancang dan membuat robot yang dapat menghindari benturan pada saat parkir mundur.
Robot yang dibuat pada penelitian ini adalah robot sederhana yang terdiri dari mikrokontroler ATMega8535 sebagai pusat kendali, sensor ultrasonik sebagai pendeteksi jarak, motor DC sebagai aktuator, buzzer sebagai indikator jarak, dan LCD sebagai penampil jarak.
Proses kerja dari robot ini yaitu dimulai dengan sensor mendeteksi jarak antara halangan dengan robot. Nilai jarak tersebut kemudian dikirim ke mikrokontroler sebagai input untuk diproses menjadi keluaran dalam bentuk bilangan numerik yang merepresentasikan jarak robot dengan halangan. Output dari mikrokontroler diimplementasikan pada aktuator untuk mengendalikan roda.
Hasil dari penelitian ini adalah telah dibuat sebuah robot yang memiliki kendali sistem parkir mundur. Robot ini dapat mendeteksi halangan dengan baik pada kisaran 20 mm sampai dengan 700 mm. Pada saat jarak halangan dengan robot lebih besar dari 700 mm, akurasi pengukuran sensor mulai menurun.


Availability

T15010669Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES SK : Jakarta.,
Collation
xiii, 71 p ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this