No image available for this title

Text

Mengembangkan Prototype Alat Pengaman Rumah dengan Menggunakan Mikrokontroler dan Modem Wavecom



08120008 - Kemajuan teknologi saat ini banyak dirasakan manfaatnya di berbagai segi kehidupan. Dan salah satu manfaat dari kemajuan teknologi adalah membantu pemilik rumah dalam memonitor keamanan rumah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat yang dapat memantau keadaan rumah sehingga dapat memberitahukan kepada pemilik rumah dengan menggunakan pesan singkat yang dikirim melalui sebuah modem GSM. Alat berupa sebuah sistem yang dapat mengetahui keadaan rumah dengan menggunakan handphone.
Alat ini menggunakan mikrokontroler 8535 sebagai pusat kendalinya dan modem GSM sebagai penghubung antara mikrokontoler dengan jaringan GSM. Cara kerja sistem ini adalah jika ada ancaman terhadap keamanan rumah dalam hal ini adalah terbukanva pintu rumah tanpa seijin pemilik rumah, maka alat akan merespon dan mengirimkan pesan singkat ke nomor handphone pemilik rumah. Sehingga pemilik rumah dengan cepat dapat mengetahui keadaan rumahnya saat ini.
Setelah dilakukan pengujian, dapat disimpulkan bahwa alat ini dapat bekerja dengan baik walaupun ada beberapa kekurangan dalam hal kecepatan pengiriman sms karena tergantung dari kekuatan sinyal dari setiap penyedia layanan jaringan GSM. Namun, alat ini diharapkan dapat memberikan kemudahan, kecepatan dan keamanan dari rumah.


Availability

T15010655Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES SK : Tangerang.,
Collation
xii, 110 p ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this