No image available for this title

Text

Pembuatan Alat Pengendali Pendingin Ruangan Tipe Panasonic



10120008 - Saat bepergian keluar rumah, terkadang pengguna lupa mematikan peralatan di rumah, contohnya seperti pendingin ruangan. Lalu saat pengguna tiba di rumah setelah bepergian, biasanya pengguna langsung mendinginkan ruangan. Akan tetapi diperlukan vvaktu sekitar 20 menit untuk mendinginkannya. Untuk itu diperlukan suatu alat pengendali pendingin ruangan melalui jaringan Ethernet yang dapat memantau kondisi dan mengendalikan ON / OFF pendingin ruangan.
Alat pengendali pendingin ruangan ini menggunakan mikrokontroler Arduino UNO R3 sebagai pengendalinya dan Ethernet Shield untuk menghubungkannya ke jaringan http. Lalu IR receiver digunakan untuk mendeteksi protokol infrared remote dan IR transmitter sebagai pemancar infrared untuk mengendalikan pendingin ruangan. Kemudian untuk mengetahui kondisi pendingin ruangan apakah dalam keadaan man" atau menyala, maka dilengkapi switch pada swingnya dan temperatur sensor sebagai tambahan untuk mengetahui temperatur pada ruangan. Lalu sebagai tampilan untuk memantau dan mengendalikan pendingin ruangan yaitu menggunakan browser.
Dengan adanya alat pengendali ini, diharapkan dapat membantu pengguna untuk memantau kondisi pendingin ruangan melaui jaringan http, untuk mengantisipasi jika pengguna lupa mematikannya. Selain itu pengguna juga dapat menyalakan pendingin ruangan dari luar rumah terlebih dahulu, agar setelah tiba di rumah, suhu ruangan sudah dalam keadaan dingin.


Availability

T15010649Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES SK : Tangerang.,
Collation
xv, 114 p ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this