No image available for this title

Text

Perancangan kecerdasan buatan untuk permainan catur dengan algoritma heuristik dibandingkan dengan engine tom kerrigan's simple chess program versi 1.81



08120007 - Perkembangan permainan catur telah berkembang sampai ke dunia komputer. Fakta ini dibuktikan dengan dirilisnya aplikasi - aplikasi game catur dan engine - engine permainan catur. Pada permainan sering ditemukan pengambilan langkah yang tidak optimal dan kecepatan dalam pengambilan langkah cukup lama. Dengan berdasarkan pada hal ini penulis mencoba untuk membuat sebuah engine untuk permainan catur. Kemudian untuk mengetahui tingkat kecepatan dan kehandalan dari engine tersebut, dilakukan beberapa pengujian dengan membandingkannya dengan salah satu engine catur sejenis.
Berdasarkan tujuan tersebut maka penulis membuat sebuah engine permainan catur berbasis Java yang menggunakan algoritma Minimax dikombinasikan dengan Alpha-beta dan berkomunikasi dengan protokol Universal Chess Interface. Setelah itu dilakukan pengujian engine secara keseluruhan dan melakukan perbandingan dengan engine sejenis berfokus pada kehandalan dan kecepatan engine.
Berdasarkan hasil dari pengujian, engine telah berjalan dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan dari penulis namun engine masih lemah pada aspek kehandalan dibandingkan dengan engine TSCP.


Availability

T15010653Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES SK : Tangerang.,
Collation
xiv, 150 p ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this