No image available for this title

Text

Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Virus Flu Burung



04110056 - Avian influenza atau yang lebih popular disebut flu burng sebenernya bukan penyakit baru. Pada unggas, penyakit ini telah dikenal lebih dari 100 tahun lalu. Sejak 7 tahun terkhir, ternyata dapat menular ke manusia. Wabah flu burung juga telah terjadi puluhan tahun yang lalu. Hanya saja wabah flu burung, yang mulai dilaporkan di penghujung 2003 dan kemudia menular ke manusia ini, tampak nya punya dampak sosial yang besar. Di satu pihak, orang takut tertular penyakit ini.Di pihak lain, ada kekhawatiran dampak penyakit ini pada perekonomian yang berdasar pada peternakan. Ketidaktahuan masyarakat akan gejala terinfeksi flu burung pun mengakibatkan masyarakat terlambat melakukan pertolongan pertama pada pasien flu burng sehingga banyak yang mengakibatkan kematian.
Menanggapi kondisi tersebut diatas, Maka dalam penelitian ini diimplementasikan siste pakar untuk diagnosis virus flu burung menggunakan pencarian data secara runut maju (forward chaining).
Dari sistem yang telah diujicoba diperoleh kesimpulan bahwa secara umum sistem ini dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosa virus flu burng sehingga menghindari keterlambatan dakam melakukan pertolongan awal pada pasien yang terinfeksi virus flu burung sehingga meminimalkan kematian. Namun demikian masih ada beberapa kekurangan karena keberhasilan doagnosis awal flu burung sangat bergantung dengan keahlian pembuat sistem dalam membangun basis pengetahuan (knowledge base).


Availability

t15010556Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES TI : Jakarta.,
Collation
ix, 95 : 30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this