No image available for this title

Text

Analisa, Perancangan dan Implementasi Mobile Chatting dengan Teknologi Yahoo Messenger pada Handphone Menggunakan J2ME



04110128 - Instant messenger merupakan alat untuk mengantar pesan yang dikirim dari pengirim kepada penerima, dan langsung sampai dengan segera. Cara komunikasi Instant Messaging yaitu dengan dua arah, artinya dalam satu waktu antara pengirim dan penerima dapat mengirimkan pesan.
Pada tugas akhir ini dilakukan pengembangan aplikasi Instant Messaging pada mobile device pada sisi client, yaitu sebuah Yahoo Messenger mobile chat client. Secara umum aplikasi ini akan menyesuaikan library JYMSG, dan menggunakan protokol Yahoo agar dapat berkomunikasi dengan server Yahoo. Perangkat lunak ini dikembangkan di platform J2ME dengan profile MIDP 2.0 dan konfigurasi CLDC 1.1. Pengembangan perangkat lunak ini dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu studi literatur, analisis, perancangan, implementasi perangkat lunak, dan pengujian perangkat lunak. Tahap analisis menggunakan metode berorientasi objek dan menggunakan UML untuk melakukan pemodelan. Tahap pengujian dilakukan dengan menguji aplikasi di emulator dan di mobile device, dari tahap ini didapatkan hasil pengujian dan perbandingan kinerja di keduaplatform
Pengembangan aplikasi Yahoo Messenger chat client berhasil dilaksanakan namun dengan berbagai keterbatasan diantaranya keterbatasan device, seperti hanya mendukung MIDP 2.0 dan CLDC 1.1. Selain itu juga ada keterbatasan penanganan protokol Yahoo oleh library, karena protokol Yahoo adalah proprietary protocol dan Yahoo tidak pernah mempublikasikan dan mendokumentasikan protokolnya. Hasil dari pengujian menunjukkan adanya perbedaan hasil pada kedua platform, hal ini disebabkan karena perbedaan koneksi Internet Kondisi ideal didapatkan ketika menggunakan emulator yang terkoneksi dengan kabel internet.


Availability

T15010537Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES TI : Jakarta.,
Collation
xiii, 172 p ; 30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this