Kajian Karakteristik Arsitektur Omah Sengen Etnis Jawe Di Banten Lor

Authors
  • Muhammar Khamdevi Universitas Matana
  • Keywords:
    rumah tradisional, omah sengen, panggang pe, karakteristik arsitektur, pusaka arsitektur

    Abstract

    Berbeda dengan wilayah Banten Kidul (Banten Selatan) yang didiami oleh etnis Sunda Banten, wilayah Banten Lor (Banten Utara) justru didiami oleh suku Jawe (Jawa) yang ada sejak jaman Kesultanan Banten. Kesultanan ini merupakan wilayah bawahan dari Kesultanan Cirebon dan selain itu juga memiliki kedekatan hubungan politik dengan Kesultanan Palembang. Di wilayah ini terdapat beberapa rumah tradisional yang bernama Omah Sengen (Rumah Dulu) atau Omah Panggang Pe, terutama di Cilegon dan di Serang. Sayangnya rumah tradisional ini tidak begitu mendapat perhatian lebih dari kajian arsitektur dan sebentar lagi jumlahnya akan semakin menyusut bahkan lenyap. Maka penelitian ini menjadi penting untuk mencoba meneliti dan mendokumentasikan karakter arsitekturnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan cara menganalisis karakteristik bangunannya secara arsitektural; spasial, fisik dan figural, dan stilistik. Bagaimanakah karakteristik rumah tradisional di Banten Lor? Penelitian ini diharapkan dapat menambah dan melengkapi referensi-referensi keilmuan, terutama mengenai rumah tradisional di wilayah Banten.

    Downloads

    Download data is not yet available.

    References

    Dakung, Sugiarto (1982). Arsitektur Tradisional Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Depdikbud.
    Habraken, N. John (1988). Type as Social Agreement. Asian Congress of Architect, Korea.
    Kartono, J. Lukito (2005). Konsep Ruang Tradisional Jawa dalam Konteks Budaya. Jurnal Dimensi Interior Vol. 3 No. 2. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
    Khamdevi, M. (2013). Karakteristik Rumah Tradisional Di Kampung Bersejarah Lengkong Ulama, Kabupaten Tangerang. Jurnal Vitruvian Vo. 3 No. 1. Jakarta: UMB.
    Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Tjandrasasmita, Uka (2009). Arkeologi Islam Nusantara. Jakarta: KPG.
    Views
    • Abstract 345
    • PDF (BAHASA INDONESIA) 280
    Views and downloads are with effect from 11 January 2019
    Published
    2021-02-28
    How to Cite
    Khamdevi, M. (2021). Kajian Karakteristik Arsitektur Omah Sengen Etnis Jawe Di Banten Lor. MARKA (Media Arsitektur Dan Kota) : Jurnal Ilmiah Penelitian, 4(2), 114-125. https://doi.org/10.33510/marka.2021.4.2.114-125
    Cited by:

    Section
    Articles