Minat Studi Lanjut

Tinjauan Kritis Dari Sudut Pandang Partnership Governance dan Tingkat Sosial Ekonomi Masyarakat

Authors
  • Mashudi Mashudi Universitas Diponegoro
  • Luluk Fauziah Universitas Diponegoro
  • Endang Larasati Universitas Diponegoro
  • Sri Suwitri Universitas Diponegoro
  • Ida Hayu Dwimawanti Universitas Diponegoro
  • Keywords:
    partnership, governance, studi lanjut, sosial ekonomi

    Abstract

    Berangkat dari kondisi yang berupa rendahnya Angka Partisipasi Kasar (APK) dan rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat  dan tingkat sosial ekonomi masyarakat dalam mendorong para tamatan sekolah untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dan  mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung  dalam peningkatan APK. 

    Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif sedangkan format penelitiannya adalah format deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah para aktor dan pemangku kepentingan (stakeholders) dalam peningkatan APK dan peningkatan IPM yang ditentukan secara purposive. Tehnik pengumpulan datanya adalah focus group discussion (FGD) dan dibantu oleh  tehnik pengumpulan data dokumentasi, wawancara, maupun observasi.

    Temuan penelitian ini sebagai berikut:  kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat dalam peningkatan APK sudah berjalan, namun perlu upaya-upaya peningkatan. Faktor pendukung upaya peningkatan APK adalah menggeliatnya industri rumahan yang menyokong dari sisi ekonomi untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.     

     

    Downloads

    Download data is not yet available.
    Views
    • Abstract 208
    • PDF 233
    Views and downloads are with effect from 11 January 2019
    Published
    2019-06-10
    How to Cite
    Mashudi, M., Fauziah, L., Larasati, E., Suwitri, S., & Dwimawanti, I. (2019). Minat Studi Lanjut. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019, 91-102. https://doi.org/10.33510/slki.2019.91-102
    Cited by:

    Issue
    Section
    Pendidikan