Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

Authors
  • Luluk Fauziah Universitas Diponegoro
  • Mashudi Mashudi Universitas Diponegoro
  • Ida Hayu Dwimawati Universitas Diponegoro
  • Johan Bhimo Sukoco Universitas Diponegoro
  • Keywords:
    peran, gaya kepemimpinan transformasional, kualitas pelayanan

    Abstract

    Penyelenggaraan manajemen di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh infrastruktur, fasilitas, dan dukungan dana semata. Namun hal ini juga ditentukan keberhasilan mengelola Sumber Daya Manusia. Pemimpin merupakan penentu keberhasilan dan suksesnya tujuan ini. Kepemimpinan lebih merupakan hasil dari transformasi internal dalam diri seseorang. Gaya kepemimpinan transformasional mempunyai peran yang signifikan terhadap peningkatan kinerja karyawan.

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan kendala gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Pendekatan penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Triangulasi data menggunakan triangulasi metode, sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif.

    Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan transformasional di instansi ini diarahkan sesuai dengan visi, yaitu pada tahun 2020 menjadi pusat pendidikan vokasi (terapan) yang unggul dan bertaraf internasional. Pemimpin memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Pemimpin juga memainkan peranan kritis, yaitu melalui strategi peningkatan kuantitas tenaga kependidikan, peningkatan kualitas tenaga kependidikan, dan pengembangan sistem penilaian kinerja.

    Downloads

    Download data is not yet available.
    Views
    • Abstract 320
    • PDF 271
    Views and downloads are with effect from 11 January 2019
    Published
    2019-06-10
    How to Cite
    Fauziah, L., Mashudi, M., Dwimawati, I., & Sukoco, J. (2019). Peran Gaya Kepemimpinan Transformasional Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro. Seminar Dan Lokakarya Kualitatif Indonesia 2019, 81-90. https://doi.org/10.33510/slki.2019.81-90
    Cited by:

    Issue
    Section
    Pendidikan