No image available for this title

Text

Pembuatan Robot Line Follower Berbasis ATMega8535



06120010 - .
Selama ini, para pekerja pabrik kimia melakukan kegiatan pemindahan zat kimia secara manual. Hal tersebut dapat membahayakan atau bahkan menimbulkan kematian apabila para pekerja tidak waspada. Oleh sebab itu, untuk membantu para pekerja pabrik dan meminimalkan angka kecelakaan dan kematian dibutuhkan suatu alat yang dapat membantu dalam pemindahan zat-zat kimia yang sangat berbahaya. Alat tersebut berupa sebuah alat yang dapat memindahkan zat-zat kimia dari satu tempat ke tempat lainnya secara otomatis.
Line follower robot yang dibuat dalam penelitian ini adalah line follower robot sederhana dengan menggunakan motor dc sebagai penggerak roda yang menjadi aktuator pada robot tersebut. Kendall line follower robot ini terletak pada sensor proximity yang membaca garis hitam, setelah itu sistem kontrol ( mikrokontroler ) memberikan perintah, sehingga akan menghasilkan output berupa pergerakan line follower robot yang sesuai dengan jalur yang telah dibaca oleh sensor.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sensor pembaca garis yang diimplementasikan ke dalam robot dapat diaplikasikan pada industri-ndustri yang menggunakan zat-zat kimia sebagai bahan utama nya, yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia ( pekerja ). Dan dengan adanya alat ini diharapkan dapat membantu mengurangi angka kecelakaan dan kematian.


Availability

T15010666Lt ; P3 ( My Library)Available

Detail Information

Series Title
-
Call Number
-
Publisher STMIK JIBES SK : Jakarta.,
Collation
xiv, 73 p ; 30 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this